Iklan

Masukkan alamat email anda:

Thank you for Visit my blog

Senin, 13 Februari 2012

Kisah Nabi Adam 'alaihi ssalaam





Setelah jasadnya terbentuk, Alloh meniup ruh ke tubuhnya sehingga hiduplah Adam  ‘alaihi ssalaam  sebagai manusia.
Alloh subhanahu wata’aala pun mengajari Adam ilmu nama-nama benda sehingga Adam  ‘alaihi ssalaam  berkedudukan mulia di hadapan para malaikat.
Alloh subhanahu wata’aala memerintahkan para malaikat sujud kepada Adam  ‘alaihi ssalaam . Para malaikat tunduk patuh pada perintah Alloh dan langsung sujud kepada Adam  ‘alaihi ssalaam , tapi iblis membangkan. Iblis tidak mau sujud kepada Adam  ‘alaihi ssalaam . Iblis sombong karena dia merasa lebih baik daripada Adam  ‘alaihi ssalaam . Alloh telah menciptakannya dari api sedang Adam  ‘alaihi ssalaam  diciptakan dari tanah.
Alloh berfirman, “Apa yang menghalangimu untuk bersujud kepada Adam waktu Aku menyuruhmu?’
Iblis menjawab, “Saya lebih baik daripada dia, Engkau ciptakan saya dari api sedang dia engkau ciptakan dari tanah” (qs. al A’Roof: 12)
Alloh menjadi murka, Alloh sangat marah karena kesombongan iblis. Iblis dihukum. Iblis di usir dari surga. Iblis pun dendam. Iblis bersumpah dia akan menyesatkan Adam  ‘alaihi ssalaam  dan anak keturunannya !
Alloh menciptakan seorang wanita yang sangat cantik. Namanya Hawa. Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam  ‘alaihi ssalaam  untuk menjadi teman pendamping Adam  ‘alaihi ssalaam .
Alloh  subhanahu wata’aala  memberi kenikmatan kepada  keduanya . Alloh memasukkan Adam  ‘alaihi ssalaam  dan Hawa ke surga . Di surga mereka tidak kepanasan. Keduanya bisa makan dan minum apapun yang mereka inginkan. Tapi Alloh melarang mereka dari satu hal.
Alloh berfirman, ”Janganlah kalian mendekati pohon ini yang menyebabkan kalian termasuk orang-orang yang dzolim.” (Qs. al Baqoroh : 35)
Iblis mulai menggoda!! Iblis mendekati Adam dan Hawa. Iblis merayu mereka agar mendekati pohon larangan itu dan memakan buahnya. Iblis berpura-pura sebagai teman yang menasehati keduanya.
Iblis berkata, “Tuhan kamu tidak melarangmu dari mendekati pohon ini melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau menjadi orang yang kekal di surga”(Qs, al A’roof : 20)
Maka Hawa pun tergoda! Hawa pun merayu Adam  ‘alaihi ssalaam  agar memakan pohon buah pohon larangan itu. Adam  ‘alaihi ssalaam  menuruti keinginan isteri tercintanya itu. Keduanya pun mulai mencicipi buah pohon larangan itu.                                                                                                                                                                                       Tiba-tiba. . .
Lepaslah pakaian Adam  ‘alaihi ssalaam  dan Hawa. Aurat mereka terbuka. Keduanya dalam keadaan keadaan telanjang. Mereka lalu menutupi auratnya dengan daun-daun surga.
Alloh  subhanahu wata’aala  menyeru mereka, “Bukankah Aku telah melarang kamu berdua dari pohon itu dan Aku katakan kepadamu sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?”
Adam  ‘alaihi ssalaam  benar-benar menyesal! Adam segera bertobat dan memohon ampunan.
“Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami orang-orang yang merugi” (Qs. al A’roof : 23)
Alloh adalah Zat Yang Maha Pengampun. Alloh menerima taubat keduanya. Namun, Alloh mengeluarkan mereka dari surga dan menurunkan Adam, Hawa, dan syaiton ke bumi.
Di bumi, Hawa melahirkan banyak anak. Anak-anak Adam dan Hawa inilah yang kemudian tersebar ke seluruh penjuru bumi.
Sementara, Iblis terus mengintai anak keturunan Adam  ‘alaihi ssalaam . Iblis selalu menggoda mereka agar melakukan perbuatan dosa. Sampai kiamat tiba, Iblis akan selalu memusuhi Adam  ‘alaihi ssalaam  dan keturunannya.





>>sumber referensi / rujukan<<


Terjemahan : 

Alqur'anul Karim
Tafsir Ibnu Katsir
Kisah para nabi & Rosul Ibnu Katsir
Tafsir As-sa'di
Tahdzib Siroh Nabawiyah Ibnu Hisyam
Raudhah Al Anwar fi siroh An Nabiy Al Mukhtar
Ar-Rohiqul Makhtum Syafiyurrohman
Nisaa' Haular Rosul
Shohih As Siroh An Nabawiyah
Hakikat Syahadat Rosululloh

2 komentar:

komentar anda akan sangat membantu untuk perkembangan blog ini. Dimohon untuk berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun. Dilarang keras berkomentar mengenai musik, nyanyian, hinaan, cacian, pelecehan agama, dan sebagainya. Dipersilahkan untuk berkomentar di luar tema postingan. terimakasih dan wassalaamu'alaykum warohmatullohi wabarokaatuh.